Artikel Terbaru

Cara Menghapus Virus di Android 2024

Cara Menghapus Virus di Android
cara1000.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara menghapus virus di Android, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

HP yang terinfeksi virus bisa terjadi pada siapa saja, dimana Malware sendiri merupakan perangkat lunak berbahaya yang bisa menyelinap ke HP.

Ditulis dengan maksud untuk membahayakan, malware bisa saja mencakup virus, worm komputer, Trojan, ransomware, dan spyware lho guyss.

Yang dimana penjahat dunia maya bisa menggunakan virus untuk mengakses data pribadi anda dalam beberapa kasus, kemudian menggunakan informasi sensitif tersebut untuk melakukan pencurian identitas atau penipuan. Hal ini tentu sangat berbahaya dan berpotensi merugikan.

Virus sendiri adalah jenis malware tertentu yang menyusup ke HP atau Komputer dan programnya. Penjahat dunia maya pun mungkin bisa memasang virus di HP tanpa sepengetahuan atau persetujuan anda yaa guyss.

Dan virus kemudian bisa memasukkan kode baru yang berbahaya pada perangkat yang dapat memantau dan memanipulasi aktivitas online anda.

Untuk itu, penting sekali bagi anda mengetahui cara menghilangkan atau menghapus virus di Android yang bisa anda lakukan dengan mudah.

Tanda HP Terkena Virus

Cara Menghapus Virus di Android
Tanda HP Terkena Virus
Sebelum ke cara menghapus virus di Android, alangkah baiknya anda harus mengetahui tanda-tanda HP terkena virus yang kami bagikan sebagai berikut.

1. Baterai Cepat Habis

Tanda yang pertama adalah penggunaan baterai yang lebih cepat habis meskipun tidak digunakan untuk mengakses aplikasi apapun. Penggunaan baterai menjadi lebih boros dan cepat habis sehingga anda harus melakukan pengisian baterai secara berulang kali dalam satu harinya.

Adanya virus akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat dan hal seperti ini akan membuat daya ponsel lebih cepat terserap, sehingga baterai menjadi lebih cepat habis.

Tidak hanya itu saja, virus juga mampu menurunkan kemampuan baterai sehingga hal ini harus diperhatikan dengan baik untuk menjaga kualitas baterai pada ponsel yang anda gunakan.

2. Muncul Iklan Pengganggu

Selanjutnya adalah sering muncul iklan pengganggu, ketika sedang asyik menggunakan ponsel tiba-tiba akan muncul iklan pengganggu.

Dan hal inilah yang akan membuat ponsel menjadi kurang nyaman ketika sedang digunakan. Penggunaan Handphone ini akan menjadi kurang nyaman dan pada saat membuka aplikasi menjadi terganggu.

3. Lemot

Tanda yang ketiga adalah performa ponsel menjadi lemot, yang dimana virus akan mengambil sebagian besar data ponsel dan mengganggu performanya.

Hal inilah yang menjadikan ponsel terkena virus menjadi lemot atau lelet. Tanda ini cukup mengganggu bahkan tidak jarang akan memaksa untuk keluar dari aplikasi yang sedang dibuka.

Sistem kerja virus pada HP adalah dengan mengambil ruang secara besar-besaran dan hal ini akan menurunkan performa ponsel. Virus ini akan mengakibatkan ponsel menjadi lebih lemot dan kurang nyaman saat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi baik secara online maupun offline.

4. Banyak Aplikasi Terinstal Otomatis

Tanda ke empat, tiba-tiba banyak aplikasi yang terinstall otomatis padahal anda tidak melakukan instalasi aplikasi apapun.

Hal ini akan muncul jika Handphone terkena virus dan lama kelamaan ruang penyimpanan didalam ponsel akan terkuras habis untuk aplikasi asing yang tidak tahu asal muasalnya dari mana.

5. SMS atau Panggilan Mencurigakan

Terakhir, sering muncul panggilan atau SMS yang mencurigakan. Hal ini cukup berbahaya terutama jika anda mengunduh aplikasi perbankan di dalam Handphone.

Yang dimana panggilan atau SMS semacam ini rentan terhadap peretasan akun media sosial bahkan akun perbankan, sehingga harus diatasi dengan cepat agar tidak mengganggu aktivitas.

Cara Menghapus Virus di Android

Penasaran? Adapun dibawah ini adalah beberapa cara menghapus virus di Android yang bisa anda simak ulasannya sampai selesai ya.

1. Membersihkan Cache

Cara Menghapus Virus di Android
Cara Menghapus Virus di Android dengan Membersihkan Cache
Membersihkan cache dan download pada peramban bisa mengurangi resiko virus menyebar diponsel. Untuk menerapkannya, silahkan anda ikuti langkah-langkah cara menghapus virus di Android dengan membersihkan cache yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka "Pengaturan" pada ponsel yang anda gunakan.
  • Lalu, langsung saja anda klik opsi "App & Notifications".
  • Kemudian silahkan anda bisa pilih "Chrome" atau jenis peramban lainnya yang terpasang di HP anda.
  • Setelah itu, pada menu "Storage & Cache" silahkan anda pilih opsi untuk menghapus cache dan download di HP.
  • Selesai.

Maka dengan begitu, virus yang ada di HP Android yang anda gunakan bisa dikatakan sudah hilang atau bersih yaa guyss.

2. Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan

Cara Menghapus Virus di Android
Cara Menghapus Virus di Android dengan Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan
Yang dimana, anda bisa menghapus aplikasi sekaligus yang mencurigakan pada ponsel untuk menghilangkan virus di dalamnya lho guyss.

Nah untuk cara menghapus virus di Android yang bisa anda lakukan adalah menghapus atau uninstall aplikasi, penasaran? Yuk anda bisa langsung simak langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan buka "Pengaturan" dan ketuk opsi "Apps & Notifications".
  • Kemudian pilih opsi "See all apps" dan anda akan menemukan berbagai aplikasi yang terpasang di HP.
  • Setelah itu, cari dan temukan aplikasi yang dicurigai membawa virus.
  • Lalu hapus aplikasi tersebut dan restart HP anda.
  • Selesai.

Penyebab Adanya Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Android
Penyebab Adanya Virus di Android
Seperti yang kami tuliskan diatas, Malware merupakan software atau perangkat lunak yang berbahaya. Malware berbahaya karena bisa merusak perangkat, mencuri data dan menyebabkan kekacauan pada perangkat digital.

Adapun kali ini adalah penyebab adanya virus di Android yang perlu anda simak ulasannya sampai selesai yaitu sebagai berikut:

1. Mengunduh Aplikasi "Jahat" dari Sumber yang Tidak Aman

Hal ini adalah metode paling umum yang digunakan peretas untuk menyebarkan malware. Aplikasi yang didownload dari toko resmi seperti Google Play Store dan App Store biasanya akan sangat aman. Berbeda dengan aplikasi yang didownload dari website yang diragukan keamanannya.

Akan tetapi, aplikasi dengan malware terkadang bisa masuk ke toko aplikasi resmi. Contohnya seperti InstaAgent. Aplikasi ini mencuri sebuah kredensial pengguna Instagram dan mengirimnya ke server pihak ketiga tanpa sepengetahuan pengguna, jelas laman Security Metrics yaa guyss.

2. Menggunakan Sambungan WiFi yang Tidak Aman

Yang dimana, menggunakan sambungan atau jaringan WiFi sembarangan bisa dikatakan salah satu penyebab datangnya virus di HP anda yaa guyss.

Akhir Kata

Nah itu dia tanda HP Android terkena virus beserta 2 cara menghapus virus di Android yang sudah kami bagikan diatas untuk anda, maka dengan begitu anda tidak akan kebingungan lagi.

Mungkin jika anda tengah mengalami hal serupa, silahkan ikuti salah satu cara diatas yang menurut anda mudah untuk dilakukan.

Namun jika kedua cara diatas masih belum bisa mengatasinya, maka reset HP bisa dijadikan sebagai solusi yang cukup efektif untuk menghilangkan virus didalam HP.

Yang dimana, cara ini bisa dilakukan jika virus sulit dihilangkan dan segala cara sudah dilakukan untuk menghilangkan virus. Maka reset HP ini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

Eits perlu diperhatikan, ketika akan melakukan reset HP pastikan anda sudah mencadangkan sejumlah data-data penting yaa guyss.

Dan apabila menurut anda informasi ini penting, tidak ada salahnya untuk dibagikan atau share langsung ke teman-teman atau ke akun media sosial yang anda punya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel