Cara Mematikan HP yang Hilang dengan IMEI 2024

Cara Mematikan HP yang Hilang dengan IMEI
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara mematikan HP yang hilang dengan IMEI, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Mungkin, ada sebagian orang yang bertanya bagaimana sih cara mematikan Smartphone yang sudah hilang karena dicuri? Smartphone yang sudah hilang karena dicuri tersebut memang akan sangat merugikan sekali ya guys.

Selain bisa merugikan secara material, dimana anda juga akan bisa mengalami kerugian yang lainnya. Misalnya akan kehilangan semua data-data dan juga kontak penting dan tidak akan bisa mengakses email serta pesan lagi.

Yang mana juga akan mengalami kebocoran dari privasi anda yakni seperti foto, video serta akun rekening Bank yang memang sifatnya sangat rahasia sekali yang sudah tersimpan didalam Smartphone tersebut.

Nah ketika kehilangan atau kecurian Smartphone, maka akan sangat kecil sekali kemungkinan Smartphone yang sudah hilang tersebut akan ditemukan kembali.

Oleh karena itu, akan jauh lebih baik anda lakukan pemblokiran atau mematikan nomor IMEI saja. Hal tersebut dilakukan agar Smartphone yang hilang tersebut tidak akan bisa digunakan lagi oleh orang yang sudah mencurinya.

Dan didalam artikel ini, kami akan membagikan cara atau tutorial bagaimana langkah-langkah yang harus anda lakukan agar Smartphone yang hilang tersebut tidak bisa digunakan oleh si pencurinya.

Karena apabila nomor IMEI yang berasal dari perangkat Smartphone tersebut sudah dimatikan atau diblokir oleh pihak KEMKOMINFO.

Maka dengan begitu, sudah dipastikan jika Smartphone tersebut tidak akan bisa lagi digunakan untuk berkomunikasi seperti melakukan SMS dan telponan.

Perlu diketahui, bahkan tidak akan bisa terhubung lagi dengan jaringan internet seluler lho guys. Sehingga Smartphone tersebut tidak akan bisa dijual lagi dipasaran.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini sampai selesai mengenai cara mematikan HP yang hilang dengan IMEI.

Cara Mematikan HP yang Hilang dengan IMEI

Cara Mematikan HP yang Hilang dengan IMEI
Cara Mematikan HP yang Hilang dengan IMEI
Adapun kali ini merupakan penjelasan cara mematikan HP yang hilang dengan IMEI yang bisa anda manfaatkan langsung ya guys.

Yang dimana International Mobile Equipment Identity atau yang sering disebut dengan nomor IMEI. yang terdiri dari 15 sampai 16 nomor, nomor ini sendiri diberikan oleh lembaga global yakni GSMA.

Mudahnya, IMEI ini serupa NIK pada Kartu Tanpa Penduduk (KTP) tapi untuk ponsel. Bagi operator seluler, IMEI sendiri berguna untuk mendeteksi perangkat yang terdaftar dalam jaringan mereka.

Mulai dari beberapa banyak pelanggan yang menggunakan ponsel Android atau beberapa banyak pelanggan yang menggunakan ponsel yang mendukun teknologi 4G.

Di Indonesia, nomor IMEI terdaftar di Kemenprin (Kementerian Perindustrian) beredar dipasaran. Dimana IMEI sendiri merupakan sebuah nomor identitas yang unik dari setiap jenis barang elektronik.

Karena sifatnya yang cukup terbilang unik ya guys, nomor IMEI yang ada pada setiap perangkat atau barang elektronik tersebut berbeda-beda ya.

Meskipun jenis barang juga merk-nya sama, akan tetapi untu nomor IMEI berbeda dan juga bisa anda gunakan untuk memblokir Smartphone lho guys.

Yang mana, adapun cara yang cukup mudah sekali untuk mengetahui nomor IMEI dari Smartphone tersebut yakni dengan cara mengecek nomor IMEI tersebut yang ada didalam dus pembelian.

Maka dari itu, silahkan usahakan jangan sampai membuang kotak atau dus produk Smartphone yang anda beli karena mungkin saja suatu saat akan sangat bermanfaat.

Nah setelah anda berhasil mengetahui atau melihat nomor IMEI Smartphone yang sudah hilang, maka silahkan segera hubungi langsung layanan konsumen dari jenis merk Smartphone yang anda beli.

Dan langsung memintanya agar mereka mematikan atau memblokir Smartphone tersebut dengan menggunakan nomor IMEI yang anda miliki kepada petugas Customer Service atau CS yang melayani anda.

Apabila Smartphone tersebut sudah berhasil diblokir, maka dengan begitu Smartphone anda tidak akan bisa digunakan lagi. Karena statusnya sudah terkunci oleh pihak developer.

Fungsi Nomor IMEI

Cara Mematikan HP yang Hilang dengan IMEI
Fungsi Nomor IMEI
Setelah mengetahui cara mematikan HP yang hilang dengan IMEI, selanjutnya anda juga harus mengetahui fungsi nomor IMEI yaitu sebagai berikut:

A. Untuk Mengecek Garansi

Fungsi pertama dari nomor IMEI yang harus diketahui adalah untuk mengecek masa garansi yang dimiliki oleh HP ya guys.

Hal ini sangat penting sekali karena sangat berpengaruh pada pembelian HP, entah itu secara online maupun offline.

Maka dengan seperti ini, seseorang bisa langsung untuk mengecek terlebih dahulu apakah HP yang akan dibeli masih dalam kondisi baru atau tidak ya guys.

B. Mengetahui Indentitas Ponsel

Fungsi selanjutnya adalah untuk mengetahui identitas HP yang dimiliki, para pengguna HP bisa memanfaatkan nomor IMEI untuk mencari penjelasan lebih lengkap tentang informasi HP.

Nantinya mereka bisa mengunjungi situs cek IMEI seperti www.imei.info untuk mengecek identitas ponsel secara detail ya guys.

C. Melacak Ponsel

Selain untuk mencari sebuah informasi tentang perangkat ponsel, fungsi lainnya yang tidak kalah penting dari nomor IMEI ini adalah untuk melacak keberadaan ponsel.

Akan tetapi, hal itu tidak bisa dilakukan secara sendirian melainkan si pemiliki HP harus menghubungi pihak provider kartu SIM yang digunakan untuk meminta mereka agar memblokir nomor HP yang hilang melalui nomor IMEI.

Akhir Kata

Nah itu dia beberapa fungsi dan cara mematikan HP yang hilang dengan IMEI yang sudah kami bagikan, maka dengan begitu anda tidak akan kebingungan lagi.

Jadi, sekarang anda sudah mengetahui tentang mengenai nomor IMEI dan juga fungsinya yang sangat bermanfaat ketika kehilangan HP.

Dan perlu kami ingatkan kembali juga, dimana anda jangan sampai membuang dus atau kotak Smartphone yang sudah dibeli tersebut dan simpanlah ditempat yang mudah ditemukan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel