Cara Daftar IMEI Indosat 2024

Cara Daftar IMEI Indosat - Saat ini banyak sekali pengguna ponsel khususnya yang menggunakan kartu Indosat yang mencari informasi tentang cara untuk mendaftar IMEI.

Untuk menghindari pemblokiran HP atau bahkan proses pelacakan ponsel yang hilang, maka IMEI HP dan SIM Card yang digunakan pun harus didaftarkan oleh measing-masing pengguna.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity (IMEI), merupakan nomor unik yang menandai legalitas sebuah perangkat, sehingga Anda sebagai pengguna tidak boleh membiarkan HP-mu terkena pemblokiran karena masalah IMEI.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity ini dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Untuk menekan penyelundupan ponsel dan mendukung industri yang kondusif dalam negeri, maka secara resmi pemerintah mulai menerapkan aturan pemblokiran HP black market sejak 18 April 2020 lalu.

Selain itu, pemblokiran ini juga dilakukan demi melindungi masyarakat dari perangkat yang ilegal yang banyak beredar saat ini.

Sehingga ponsel tersebut bisa diblokir jika nomor IMEI nya tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Namun saat ini ada kabar baiknya, masyarakat tetap bisa mendaftarkan IMEI ponselnya secara mandiri. terutama bagi mereka yang membeli ponsel di luar negeri baik membeli sendiri (hand carry) ataupun melalui jasa ekspedisi.

Tetapi pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk merealisasikannya, walaupun pemblokiran HP black market musih cukup sulit untuk dilakukan.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara daftar IMEI Indosat ataupun operator lainnya yang perlu diketahui.

Syarat Daftar IMEI Indosat

Cara Daftar IMEI Indosat
Sebelum membahas tentang cara daftar IMEI Indosat ataupun provider lainnya, sebaiknya Anda mengetahui syarat-syarat untuk registrasi IMEI Indonesia di Kemenperin.

Karena syarat ini sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.

Jika beberapa syarat yang akan kami sebutkan di bawah ini belum terpenuhi, maka kami bisa pastikan proses pendaftaran IME Indosat belum bisa dilakukan.

Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi syaratnya terlebih dahulu baru proses pendaftaran mulai dilakukan.

Untuk syarat daftar IMEI Indosat yaitu sebagai berikut:
  • Setiap individu atau masyarakan diperbolehkan membeli ponsel dari luar negeri maksimal dua (2) unit saja.
  • Nilai atau harga dari kedua unit HP atau ponsel yang dibeli tidak boleh lebih dari $500 atau nilainya setara dengan Rp7,3 juta, baik itu untuk hand carry ataupun unit yang dibeli melalui jasa pengiriman.
  • Pengguna yang kelebihan membawa unit ponsel akan disita dan diperbolehkan membawa pulang hanya dua (2) unit saja, apabila melewati batas nilai harga dan jumlah unit yang telah ditetapkan.
  • Pemilik ponsel akan dikenakan biaya PPN 10 sebesar persen dan PPH 7,5 persen dari harga akan dikenakan jika ada kelebihan nila.
  • Proses registrasi IMEI akan dilakukan oleh perusahaan jasa kiriman melalui Bea Cukai, bagi ponsel yang berasal dari luar negeri yang dimasukkan ke Indonesia melalui perusahaan jasa kiriman.
  • Proses registrasi tidak perlu dilakukan oleh turis asing yang menggunakan kartu SIM asing. Namun jika ingin menggunakan kartu SIM Indonesia, maka proses pendaftaran dapat dilakukan di gerai operator seluler untuk mendapatkan akses 90 hari.
  • Skema pemblokiran IMEI ini juga berlaku untuk HP yang hilang atau dicuri, sehingga HP tersebut tidak bisa digunakan kembali oleh orang lain yang menemukannya. Jika ingin menggunakannya, maka orang tersebut harus melapor ke operator seluler terkait dengan melampirkan surat bukti kehilangan.
  • Semua HP yang diaktifkan dengan layanan operator Indonesia setelah 18 April 2020 tidak akan bisa digunakan lagi (tidak dapat menggunakan sinyal selular), baik BM bar uatau bekas.
  • Pemberlakuan blokir IMEI ini hanya dilakukan untuk beberapa perangkat HKT seperti handphone, komputer genggam, tablet dan untuk laptop tidak termasuk.

Cara Cek IMEI Indosat di HP Android dan iPhone

Sebelum menerapkan cara daftar IMEI Indosat, maka Anda perlu mengetahui nomor IMEI yang ada di HP-mu terlebih dulu guys.

Cek IMEI di Android dan iPhone memiliki perbedaan, namun terbilang mudah untuk diterapkan dan langkah-langkahnya akan kami bagikan pada uraian ini.

Selain itu, metode ini tidak hanya untuk dprovider Indosat saja namun bisa juga untuk provider lainnya.

Untuk cara cek IMEI Indosat di HP Android dan iPhone yaitu sebagai berikut:

1. Cek IMEI Indosat di HP Android

  • Langkah pertama, silahkan buka Settings.
  • Kemudian pilih About Phone lalu pilih Status.
  • Jika tersedia dua slot SIM card pada satu HP, maka Anda harus klik menu atau opsi IMEI Informastion karena ada dua seri nomor IMEI yang tersedia.

2. Cek IMEI Indosat di iPhone

  • Buka Pengaturan terlebih dahulu.
  • Kemudian pilih Umum lalu pilih Tentang.
  • Selanjutnya cari nomor seri HP dan biasanya IMEI/MEID dan ICCID ada di bagian bawah.

Cara Daftar IMEI Indosat

Di bawah ini sudah kami siapkan untuk anda beberap macam cara daftar IMEI indosat yang bisa anda gunakan.

1. Cara Daftar IMEI melalui Situs Resmi Bea Cukai

Kini, pihak Bea Cukai telah memiliki layanan situs yang bisa diakses oleh semua masyarakat untuk menyelesaikan berbagai urusan termasuk mendaftarkan IMEI HP dan kartu Indosat ataupun kartu lain yang mereka gunakan.

Sehingga Anda bisa cek dan daftar IMEI secara online dan tidak perlu lagi capek-capek datang ke kantornya.

Untuk cara daftar IMEI Indosat melalui situs resmi Bea Cukai yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan kunjungi situs resminya melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Resmi Bea Cukai).
  • Setelah laman situs terbuka, Anda bisa mengisi personal data dan list data barang.
  • Kemudian upload surat karantina (jika ada) lalu isi kode captcha.
  • Selanjutnya klik Send dan tunggulah hingga QR Code dan Registration ID muncul.
  • Jika sudah, maka langkah selanjutnya Anda harus mendatangi kantor Bea Cukai untuk melakukan proses scanning QR Code di bagian pemeriksaan Bea Cukai.
  • Setelah semua urusan dengan bagian pajak dan pemeriksaan selesai, Anda akan mendapatkan persetujuan oleh pejabat Bea Cukai.

2. Cara Daftar IMEI Indosat melalui Aplikasi Mobile Bea Cukai

Tidak hanya melalui situs, namun pendaftaran IMEI Indosat juga bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile milik Bea Cukai guys.

Anda bisa menggunakan sara ini jika mengalami kesulitan saat mengakses situs web Bea Cukai.

Untuk cara daftar IMEI Indosat melalui aplikasi Mobile Bea Cukai yaitu sebagai berikut:
  • Download dan instal aplikasi Mobile Bea Cukai terlebih dahulu melalui link berikut ini (Download Aplikasi Mobile Bea Cukai).
  • Kemudian buka aplikasinya setelah selesai diinstall.
  • Lalu klik IMEI kemudian isi data diri dan data penerbangan.
  • Selanjutnya isi detail barang (merek, tipe, dan nomor IMEI).
  • Jika sudah benar, silahkan klik Complete dan tunggulah beberapa saat hingga QR Code dan Registration ID muncul di layar HP Anda
  • Setelah itu Anda harus datang ke kantor Bea Cukai untuk scanning QR Code di bagian pemeriksaan Bea Cukai.
  • Maka selanjutnya Anda akan mendapatkan persetujuan oleh pejabat Bea Cukai dan HP tersebut sudah terbebas dari blokir pemerintah, jika semua urusan dengan bagian pajak dan pemeriksaan sudah selesai dilakukan.

3. Cara Daftar IMEI Indosat melalui Situs Kemenperin

Situs Kemenperin juga bisa diakses untuk melakukan mendaftarkan IMEI Indosat ataupun kartu lainnya guys.

Kabar baiknya, pihak Kemenperin memberikan layanan gratis khusus bagi ponsel yang dijual secara resmi di dalam negeri.

Untuk cara daftar IMEI Indosat melalui situs Kemenperin yaitu sebagai berikut:
  • Buka situs Kemenperin terlebih dahulu melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Kemenperin).
  • Kemudian masukkan nomor IMEI yang sudah didapatkan, setelah situs terbuka.
  • Selanjutnya tekan tombol Enter.

4. Cara Daftar IMEI Indosat yang Digunakan Pada Ponsel yang Dibeli dari Luar Negeri

Seperti yang telah dijelaskan di awal jika pemerintah memiliki kebijakan pendaftaran IMEI untuk seluruh perangkat ponsel, tablet, dan laptop yang dibeli dari luar negeri.

Jadi, bila kartu Indosat yang Anda gunakan saat ini terpasang pada HP yang dibeli di luar negeri maka Anda juga diwajibkan untuk mendaftarkan nomor IMEInya guys.

Proses pendaftaran ini pun akan langsung dilakukan saat pembeli tiba di Indonesia.

Untuk cara daftar IMEI Indosat yang digunakan pada ponsel yang dibeli dari luar negeri yaitu sebagai berikut:
  • Download aplikasi Bea Cukai atau akses situs beacukai.go.id terlebih dahulu melalui link yang telah kami sediakan di atas.
  • Kemudian buka aplikasi atau situsnya lalu isi form pendaftaran IMEI untuk mendapatkan QR code.
  • Selanjutnya lakukan proses registrasi dengan membawa perangkat HP di bandara, pelabuhan internasional, dan pintu-pintu perbatasan lainnya.
  • Setelah pejabat bea cukai akan melakukan penelitian atas pemenuhan persyaratan dan penumpang melakukan pembayaran bea masuk dan PDRI dalam hal wajib pajak.
  • Lalu pejabat bea dan cukai memberikan persetujuan pendaftaran IMEI, namun sebelumnya pemilik perangkat ponsel yang baru tiba bisa menyiapkan beberapa dokumen seperti berikut saat mendaftar IMEI Indosat yaitu sebagai berikut:
    • Paspor Asli
    • Tiket
    • Boarding Pass
    • Dokumen pendukung lainnya

Biaya Daftar IMEI Indosat

Sebelum menerapkan cara daftar IMEI Indosat, ada baiknya untuk mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk mendaftarkan IMEI Indosat.

Untuk biaya yang diperlukan mendaftar IMEI Indosat ini berbeda-beda, tergantung harga barangnya guys.

Tetapi biasanya, Anda akan diminta membayar pungutan bea masuk sebesar 10 persen, PPN 11 persen, PPH 10 persen jika Anda memiliki NPWP.

Namun , Anda diwajibkan untuk membayarkan PPH sebesar 20 persen jika tidak mempunyai NPWP.

Untuk simulasi penghitungannya yaitu sebagai berikut:

Misalkan, iPhone 14 Pro 512 GB Anda beli di luar negeri dengan harga 1.299 dollar AS sedangkan kurs yang berlaku saat Anda tiba di Indonesia adalah Rp 14.000.

Maka diperoleh pendataan sebagai berikut:
  • Nilai barang: 1.299 dollar AS
  • Pembebasan: 500 dollar AS
  • Nilai yang dikenakan pungutan: 799 dollar AS
  • Kurs: Rp 14.000 per dollar AS
  • Nilai Pabean (NP): 799 x Rp 14.000 = Rp 11.186.000
  • Bea Masuk: 10 persen x NP = Rp 1.119.000 (pembulatan ribuan ke atas) N
  • Nilai Impor (NI): NP+BM = Rp 11.186.000 + Rp 1.119.000 = Rp 12.305.000.
  • PPN: 11 persen x NI = Rp 1.354.000 (pembulatan dilakukan dengan patokan ribuan ke atas)
  • PPh (jika mempunyai NPWP): 10 persen x NI = Rp 1.231.000 (pembulatan ribuan ke atas)
  • PPh (jika tidak mempunyai NPWP): 20 persen x NI = Rp 2.461.000 (pembulatan ribuan ke atas)
  • Jadi, total tagihannya yakni BM+PPN+PPh
  • Sedangkan jika harga barangyang dibeli dari luar negeri di bawah 500 dollar AS, maka barang tersebut dibebaskan dari pajak.

Perbedaan Daftar IMEI Indosat melalui Operator Seluler, Bea Cukai dan Kemenperin

Jika membahas tentang cara daftar IMEI Indosat, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang perbedaan daftar IMEI Indosat melalui operator seluler, Bea Cukai dan Kemenperin.

Karena proses pendaftaran IMEI ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti yang telah kami jelaskan di awal dan pastinya masing-masing cara mempunyai perbedaan.

Untuk perbedaan daftar IMEI Indosat melalui operator seluler, Bea Cukai dan Kemenperin yaitu sebagai berikut:

1. Melalui Operator Seluler

Registrasi atau pendaftaran IMEI melalui operator seluler ini dikhususnya bagi Warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung ke Indonesia dan tidak lebih dari 90 hari.

Namun, bagi mereka yang tinggal lebih dari 90 hari di Indonesia proses pendaftaran IMEI juga dapat dilakukan pada saat baru tiba di Indonesia.

Sedangkan prosedur pendaftaran ini juga bisa dilakukan secara gratis karena tidak dipungut biaya apapun dan pajak lainnya akan dikenakan pada perangkat impor yang digunakan.

2. Bea Cukai

Registrasi IMEI melalui Bea Cukai ini lebih terbatas karena dikhususnya untuk unit handphone atau ponsel, komputer genggam, dan tablet (HKT) yang dibawa sebagai barang bawaan penumpang dan barang kiriman dari luar negeri.

Apalagi maksimal ponsel yang dapat masuk ke Indonesia adalah 2 unit dan jika ponsel tersebut dibawa sebagai barang bawaan penumpang, maka Anda harus melakukan registrasi data IMEI melalui situs Bea Cukai.

Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk melakukan registrasi di Electronic Customs Declaration (E-CD).

Aturan ini juga berlaku buat Anda yang tiba di bandara tertentu dan begitu tiba di Indonesia, Anda bisa tunjukkan QR Code yang Anda dapat dari pengisian form registrasi.

Jadi, ada baiknya untuk menyiapkan paspor, boarding pass, dan invoice terlebih dahulu untuk memudahkan petugas dalam melakukan pemeriksaan dan tentunya memperlancar perjalanan Anda.

3. Kemenperin

Pendaftaran melalui Kemenperin ini dikhususkan bagi ponsel yang dijual secara resmi di dalam negeri dan untuk IMEI nya bisa Anda cek melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Kemenperin).

Jadi, bagi perangkat ponsel yang dibawa dari luar negeri kemudian dilakukan pendaftaran lewat Bea Cukai, maka Anda bisa mengecek statusnya melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Bea Cukai).

Namun perlu juga untuk diperhatikan, Bea Cukai tidak melayani pendaftaran ponsel yang dibeli dari dalam negeri, sehingga Anda harus hati-hati penipuan jasa unlock IMEI.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara daftar IMEI Indosat dan informasi penting lainnya seputar IMEI.

Semua langkah-langkah yang kami bagikan di atas merupakan cara daftar IMEI tanpa ke Bea Cukai, karena semua prosesnya bisa dilakukan secara online.

Tidak hanya untuk mendaftarkan IMEI Indosat, namun proses tersebut juga bisa digunakan untuk daftar IMEI iPhone yang terblokir dan HP yang dibeli dari luar negeri.

Namun kami menyarankan agar Anda melakukan proses pendaftaran menggunakan aplikasi agar tercatat di sistem dan bisa dilihat kembali dilain waktu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Siti Anissa Pakar teknologi yang berpengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi seperti sosial media, gadget, komputer, internet, aplikasi, games dan seluler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel